Posted by : Anidaydream Saturday 15 October 2016



Hallo para pecinta anime, Apa kalian sudah tau apa itu anime?, dan sejarah awal munculnya ?. Disini saya akan menjelaskan kedua hal tersebut.

Selamat membaca :)

Anime (アニメ) (baca: a-ni-me, bukan a-nim) adalah animasi khas Jepang, yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita yang ditunjukan pada beragam jenis penonton. Anime dipengaruhi gaya gambar manga, komik khas Jepang. Meskipun pada dasarnya anime tidak dimaksudkan untuk animasi jepang, tetapi kebanyakan orang mengunakan kata tersebut untuk membedakan antara film animasi buatan jepang dan non-jepang

Kata anime tampil dalam bentuk tulisan dalam tiga karakter katakana a, ni, me (アニメ) yang merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris "Animation" dan diucapkan sebagai "Anime-shon".




Anime Jepang adalah satu jenis film yang unik. Keunikannya ada dalam cerita anime itu sendiri dan bagaimana anime dibuat. Artikel ini akan membahas secara singkat bagaimana anime dibuat dan hal-hal yang menyertainya. Saya melihat anime telah berkembang begitu pesat dalam hal kualitas gambar, penggunaan warna, teknologi dalam cerita dan kemulusan gambar. Walaupun begitu konsep pembuatannya tidaklah jauh berbeda dari tahun ke tahun.

Anime sangatlah unik jika dibandingkan dengan film animasi atau film kartun dari Amerika seperti Batman dan Superman, lalu Dora dari Spanyol atau animasi lainnya dari berbagai negara. Perbedaannya bisa dilihat di beberapa hal di bawah :

1.  Artwork
Seni gaya mulai dari yang kompleks dan rumit (Accel World, Sword Art Online) sampai dengan yang sederhana dan lugas (Azumanga Daioh!). Bahkan anime yang sederhana bisa secara visual mencolok. Pembuat anime selalu menemukan cara untuk membuat segalanya terlihat segar dan baru.
2.  Pengisahan cerita
Banyak anime yang mengisahkan cerita epik yang berlangsung selama ratusan episode. Anime terbaik sepanjang apapun itu selalu menuntut adanya keterlibatan emosional yang besar dari pemirsa.
3.  Kategori
Siapapun dengan latar belakang apapun akan menemukan satu atau lebih judul anime yang cocok dengan dirinya. Anime tersedia dari cerita bertema bela diri sampai dengan romansa. Contoh anime seni bela diri: Rerouni Kenshin (Samurai-X), Naruto Shippuuden, Bleach, Dll, Romansa: Saiunkoku Monogatari, Kimi ni Todoke dll. Supernatural: Ghost in the Shell, Hikaru no Go, Vampire Knight dll. Dan masih banyak lagi kategori-kategori yang tentunya menarik untuk ditonton.
4.  Nuansa Budaya
Anime Jepang sangat dipengaruhi oleh budaya Jepang dalam hal sejarah, bahasa dan cara pandang karakter-karakter di dalamnya. Banyak anime yang ceritanya bersumber pada sejarah Jepang (contoh: Sengoku Basara) atau mitologi Jepang (contoh: Hakkenden dan Hell Girl). Karakter non-Jepang biasanya berbicara dengan bahasa Jepang dan bertingkah laku seperti orang Jepang pula.
5. Figurarts
Banyak anime akan disertai dengan penjualan mainan model (figurart) yang lengkap dan dengan detil yang tinggi. Ini lah salah satu alasan yang membuat loyalitas fans anime begitu tinggi.

Sejarah karya animasi jepang di awali dengan dilakukan First Experiment in Animation oleh Shimokawa Bokoten Junichi, dan Kitayama Seitaro pada tahun 1913. Kemudian di ikuti film pendek (hanya berdurasi sekitar 5 menit) karya Oten Shimokawa yang berjudul imokawa Mukuzo Genkanban no maki tahun 1917. Pada saat itu Oten membutuhkan waktu 6 bulan hanya untuk mengerjakan animasi berdurasi 5 menit dan berupa “film bisu”. Karya Oten itu kemudian disususul dengan anime berjudul Saru Kani Kassen dan Momotaro hasil karya Seitaro Kitayama pada tahun 1918, yang dibuat untuk pihak movie company Nihon Katsudo Shasin (Nikatsu). Pada tahun 1918 Seitaro kembali membuat anime dengan judul Taro no Banpei. Tetapi semua catatan tentang anime tersebut dikatakan hilang akibat gempa bumi di tokyo pada tahun 1923

Selain Oten dan Seitaro, ada juga beberapa animator lain seperti, Junichi Kouchi (Hanahekonai Meitiotu no Maki, 1917), Sanae oburo Ofuji (Saiyuki, !926 dan Urashima Taro, 1928), Yashusi Murata (Dobutsu Olympic Taikai, 1928). Pada saat itu muncul anime pertama yang mempunyai sekuel yaitu sarugashima (1930) dan kelanjutannya Kaizoku-bune (1931).

Pada tahun 1927, Amerika telah berhasil membuat animasi dengan mengunakan suara (pada saat itu hanya menggunakan background music). Jepang kemuadian mengikuti langkah itu dan anime pertama yang “berbicara” adalah karya Ofuji yang berjudul Kuro Nyago (1930) dan berduarasi 90 detik. Salah satu anime yang tercatat sebelum meletus perang dunia ke II dan merupakan anime pertama dengan menggunakan optic track adalah Chikara To Onna No Yononaka (193) karya kenzo Masoka.

Dalam tahun 1943 Masaoka bersama dangan seorang muridnya , Senoo Kosei, mereka kurang lebih lima episode anime berjudul Momotaro no Umiwashi (Momotaro, the Sea Eagle). Anime yang ditayangkan ini merupakan anime jepang pertama dengan berdurasi lebihdari 30 menit (short animated feature film). Mendekati akhir perang pasifik, yaitu pada bulan April 1945, Senoo telah membuat dan menampilkan kurang lebih sembilan episode anime yabg merupakan karya besarnya Momotaro: Umi no Shinpei (Momotaro: Devine soldier of the Sea).

Anime ini merupakan anime Jepang pertama yang berdurasi panjang, yaitu 72 menit (animated feature film), keduanya adalah anime propaganda yang mengadaptasi dari cerita legenda terkenal jepang, Momotaro dan merupakan salah satu dari anime terpopuler pada masa tersebut.

Noburo Ofuji pernah mencoba membuat anime yang berwarna. Pada saat itu ia membuat anime Ogon no Hana (1930) dengan hanya 2 warna, tetapi tidak pernah diliris. Anime pertama yang diliris dengan warna baru muncul lama setelah itu yaitu Boku no Yakyu (198) Karya Megumi Asano.

Setelah Perang Dunia II, industri dan manga bangkit kembali berkat Osamu Tezuka. Orang yang dijuluki “God of Manga” ini pada saat itu hanya berusia sekitar 20 tahun dan karyanya adalah Shintakarajima yang muncul pada tahun 1947. Hanya dalam beberapa tahun saja, Tezuka kemudian menjadi terkenal.

Bagaimana menurut kalian setelah membaca penjelasan diatas menarikan:) ini postingan pertamaku loh. tolong berikan pendapat kalian kritik maupun saran agar postingan berikutnya lebih bagus lagi

Sekian terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca

bonus beberapa anime jadul masih ingatkah kalian

 


Siapa pernah nonton yang ini

  





atau ini

bagaimana dengan ini ?,pasti pernalah






Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Anidaydream - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -