Posted by : Anidaydream Saturday 15 October 2016



Apa kalian pernah merasa ketika kita menonton anime adakalanya anime itu teraca cepat (berdurasi pendek) dan ada juga berlangsung cukup lama (berdurasi panjang)?, apa kalian tau kenapa?,iya mungkin saja karena anime itu memang bagus makanya waktu terasa cepat atau anime itu membosankan sehingga terasa lama, tapi bukan itu jawabannya anime memang dibagi beberapa jenis berdasarkan produksinya sehingga mempunya durasi yang berbeda beda.

kali ini Saya akan sharing mengenai jenis ANIME BERDASARKAN PRODUKSINYA.

Selamat membaca :)

Secara garis besar, berdasarkan jenis produksinya, anime terbagi menjadi 3 jenis :

1. Movies
Jenis ini umum hanya dijumpai di bioskop dan cenderung mewakili anime dengan biaya produksi paling tinggi dan juga secara umum merupakan jenis dengan kualitas gambar paling bagus dan  berdurasi lebih lama dibanding dengan anime TV seri. Kadang-kadang anime juga hanya dijumpai di festival film atau festival animasi dan biasanya durasinya lebih pendek dan terkadang rendah biaya produksinya.


2. OVA
Ova Atau disebut sebagai Original Video Animation. Kadang OVA mirip dengan serial-mini. OVA paling tidak berdurasi 2 episode, dan kadang paling banyak mencapai 20 episode. Kebanyakan OVA dirilis dalam bentuk video, tetapi kadang-kadang juga ditayangkan di televisi, televisi kabel atau televisi satelit. OVA juga dikenal dengan sebutan lain, OAV (Original Animated Video). Sebagai aturan yang umum, OVA cenderung juga berkualitas gambar yang tinggi mendekati kualitas Movie.
Ada juga beberapa istilah yang mirip dengan OVA yaitu :
OAD (Original Animation DVD)
Hampir sama seperti OVA (lihat OVA dibawah), OAD adalah istilah untuk anime yang dipublikasikan ke dalam kepingan DVD. Istilah OAD muncul setelah anime mulai jarang dipublikasikan ke dalam format VHS video dan mulai berkembang ke Laser Disc, CD dan kemudian DVD. Namun dalam perkembangannya hingga saat ini, istilah OVA tetap lebih populer digunakan.
ONA (Original Net Animation)
Anime yang tidak dipublikasikan lewat televisi, namun disebarkan pada media Internet melalui situs streaming. Contoh:  K-On: Ura On! dan The Melancholy of Suzumiya Haruhi-chan.

3. TV Seri
Jenis TV Seri ini disindikasikan dan ditayangkan di televisi secara terjadwal. Umumnya kualitas anime TV Seri lebih rendah dari OVA dan Movie. Hal ini dikarenakan dana produksi diratakan agar episodenya menjadi banyak ketimbang difokuskan dalam satu film atau serial pendek. Kebanyakan TV seri berdurasi 23 menit. Dibulatkan jadi 30 menit bila ditambahkan dengan iklan iklan televisi. Kadang kadang ada juga TV seri yang satu episodenya hanya sepanjang 12 menit sehingga dalam suatu jam tayang bisa menayangkan 2 episode sekaligus.

Anime TV Seri biasanya berjalan secara musiman. Satu musim penuh biasanya sebanyak 26 Episode atau bisa juga berjalan sebanyak 13 episode. Sehingga dengan rata rata kebiasaan itu, kebanyakan anime TV seri itu jumlah episodenya biasanya merupakan kelipatan dari 13. Tetapi ada pula beberapa dari OVA yang sepanjang setengah musim seperti Tenchi Muyo.

Secara struktur, semua Anime TV seri rata rata berurut dengan pola sebagai berikut :
1.    Opening Song
2.    Bagian pertama sebuah episode
3.    Eyecatch
4.    Bagian kedua episode
5.    Ending Song & Kredit
6.    Preview Episode Selanjutnya dan bagian tambahan 
       (Kalau ada)
 
Oh iya bagi yang belum tau Eyecatch, Eyecatch adalah gambar yang ditambahkan musik sering muncul di tengah tengah anime biasanya berisi karakter anime, adegan, atau hanya logo anime dengan background.
 


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Anidaydream - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -